Jumat, 17 September 2010

LEAWAKA DESCRIPTION

SEJARAH ASAL MULATERBENTUKNYA NEGERI HARIA

Datuk - datuk pendiri negeri Haria ( Leawaka ) juga berasal dari pulau Seram. Menurut kisahnya, mereka berlayar dengan Gosepa ( rakit ) dari pulau Seram, menyusur pantai ke pelabuhan Porto-Haria, Kemudian mendaki bukit dan mendiami sebuah tempat dekat dengan negeri Paperu dan Booi. Mereka membangun sebuah negeri ( kampung ) yang bernama " Amano " artinya tempat yang aman. Negeri lama digunung ini disebut dengan nama " Teon " (nama adat) yaitu " Leawaka Amapati ". Leawaka artinya datang jaga; Ama / aman artinya negeri (desa) ; pati artinya raja atau pemimpin. jadi Leawaka Amapati artinya negeri yang dijaga dan diperintah oleh seorang pati (raja) sejak datang dari Pulau Seram dengan bermukim di Leawaka, mereka dipimpin dan diperintah oleh seorang pemimpin dari marga atau mata rumah Latupeirissa.
sejak kedatangan orang-orang Portugis pada abad ke-16 pelabuhan Porto - Haria makin ramai, dan orang-orang dari Leawaka mulai turun dan bergaul dengan orang-orang Portugis. kemudian pada zaman Belanda (VOC), semua penduduk Leawaka diturunkan ke pantai dan mendirikan pemukiman baru . Negeri baru pantai ini diberi nama
"Aria" (Haria) yang artinya turun atau ke pantai. pendapat lain mengatakan, mungkin nama Haria berasal dari orang Portogis yang menyebut tempat ini sesusai dengan nama tempat di Portugal yaitu "Haria" keturunan raja atau pemimpin yang memerintah di haria adalah marga (mata rumah) Manuhutu.
mula-mula negeri Haria terdiri dari dua buah persekutuan masyarakat adat yaitu : Uku Toru dan Ruhu Toru dan masing-masing terdiri dari 3 soa. setelah keduanya bergabung menjadi satu, negeri Haria mempunyai 6 soa dengan mata rumah-mata rumah yang menjabat kepala soa antara lain :

a. Uku Toru terdiri dari
- Titasomi dengan kepala soa Manuhutu
- Louhatu dengan kepala soa Souhoka
- Tanarisa dengan kepala soa Hattu
b. Rohu Toru terdiri dari
- Peimua dengan kepala soa Sahuleka
- Lounusa dengan kepala soa Latupeirissa
- Samalohi dengan kepala soa Souisa

Selain negeri induk Haria terdapat pula dua buah dusun atau kampung yaitu Haria gunung yang terletak di gunung dekat negeri lama dan Haria pantai yang terletak di tepi pantai selatan.
Negeri Haria mempunyai persekutuan atau pela dengan negeri Hative, Tawiri, Liliboi di pulau Ambon. Negeri Kailolo di pulau Haruku dan Negeri Paperu dan Sirisori Islam di pulau Saparua.










3 komentar:

Anonim mengatakan...

Bu Webnya sudah ada kemajuan, jalan tru, berkarya terus.....jagan takut...kamu pasti bisa. oke..

jeluv mengatakan...

bagus juga

jeluv mengatakan...

bagus juga